Hutahaean, Maria Magdalena (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Pembelajaran Matematika Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di SD Swasta Methodist 12 Medan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311075_COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 1173311075_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1173311075_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 1173311075_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 1173311075_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1173311075_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1173311075_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 1173311075_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173311075_BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 1173311075_BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 1173311075_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran video animasi matematika berbasis macromedia flash di SD Swasta Methodist 12 Medan dilatarbelakangi oleh (1) Siswa membutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik yang dapat memacu daya tarik peserta didik (2) Kemampuan guru dalam membuat pembelajaran berbasis komputer masih kurang khususnya berbasis macromedia flash. (3) Guru matematika belum memanfaatkan media pembelajaran matematika khususnya macromedia flash pada materi bangun datar dan bangun ruang. Tujuan yang hendaknya dicapai dalam upaya pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan video animasi berbasis macromedia flash pada pembelajaran bangun datar dan bangun ruang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development).
Model pengembangan yang digunakan adalah mengacu kepada Research and Development (R&D) dari model ADDIE. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui ahli media dan ahli materi. Data kepraktisan diperoleh melalui guru kelas IV SD Swasta Methodist 12 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Hasil validasi oleh ahli media terhadap media pembelajaran video animasi matematika berbasis macromedia flash diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 80 dengan persentase sebesar 85%, termaksud dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 75 dengan persentase sebesar 92% termaksud dalam kriteria “Sangat Layak” sedangkan hasil dari praktisi pendidikan diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 60 dengan persentase sebesar 96,66% dengan kriteria “Sangat Layak”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-180 |
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran; Macromedia Flash 8; Bangun Ruang; Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 02:00 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45008 |