Nasir, Muhammad (2014) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP MUHAMMADIYAH DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106131010 Cover.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. 8106131010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
3. 8106131010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. 8106131010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. 8106131010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. 8106131010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. 8106131010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. 8106131010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. 8106131010 Bab I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
10. 8106131010 Bab V.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
11. 8106131010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru, (2) hubungan disiplin kerja dengan kompetensi profesional guru, (3) hubungan persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja dengan kompetensi profesional guru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Muhammadiyah di kota Medan. Untuk menentukan sampel digunakan teknik proforsional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 182 guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert.Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta ganda.Hasil dari penelitian ini disajikan (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru dengan koefisien korelasi rX1Y= 0,835. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru adalah sebesar 61%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin kerja dengan kompetensi profesional guru dengan koefisien korelasirX2Y= 0,548. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel disiplin kerja terhadap kompetensi profesional guru adalah sebesar14%; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentangs upervisi akademik kepala sekolah dan disiplin kerja dengan kompetensi profesional guru dengan koefisien korelasi R = 0,869.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini perlunya pengembangan hubungan persepsi tentang supervise akademik dan disiplin kerja untuk dapat meningkatkan kompetensi profesional guru guna menciptakan guru yang berkompeten yang pada akhirnya mampu menciptakan pendidikan yang bermutu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Nas h |
Keywords: | Kompetensi profesional; Supervisi akademik; Disiplin kerja; Guru; Persepsi; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 May 2016 16:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4500 |