Yuliana, Ira (2014) HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN PENGELOLAAN STRES TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126131010 Cover.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. 8126131010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
3. 8126131010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. 8126131010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. 8126131010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. 8126131010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 8126131010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8126131010 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8126131010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
10. 8126131010 Bab I.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
11. 8126131010 Bab V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
12. 8126131010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen afektif guru, (2) pengaruh pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru, (3) pengaruh motivasi kerja dan pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menempatkan variabel penelitian yaitu variabel endogenus dan eksogenus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Medan Tembung yang berjumlah 162 guru. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan tabel Kreijie sehingga didapatkan sampel sebanyak 111 guru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket.Sebelum instrument (angket) penelitian digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba yang dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menghitung uji validitas angket digunakan rumus product moment dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Item angket yang valid untuk variabel komitmen afektif guru adalah 35 item dan invalid 5 item, item angket yang valid untuk variabel motivasi kerja adalah 34 item dan invalid 6 item, item dan angket yang valid untuk variabel pengelolaan stres adalah 34 item dan invalid 6 item. Koefisien reliabilitas untuk instrumen komitmen afektif guru = 0,91, motivasi kerja = 0,908 pengelolaan stres = 0,804, termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji persyaratan analisis adalah uji linieritas dan keberartian regresi, independen variabel bebas, normalitas, homogenitas, Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan anlisis Korelasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan secara langsung motivasi kerja dengan komitmen afektif guru sebesar (r) = 0,878; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan secara langsung pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru sebesar (r) 0,899 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung motivasi kerja dan pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru diperoleh korelasi simultan (R) = 0,911, kemudian diperoleh juga koefesien determinasi sebesar 0,911%.Semakin tinggi hubungan motivasi kerja dan pengelolaan stress terhadap komitmen afektif guru maka semakin tinggi pula dalam mempengaruhi komitmen afektif guru Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Medan Tembung. Dengan demikian, untuk mengoptimalkan komitmen afektif guru perlu peningkatan motivasi kerja yang tinggii dan pengelolaan stress yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.11 Yul h |
Keywords: | Komitmen afektif; Motivasi kerja; Pengelolaan stres; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 18:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4497 |