Ananda, Helza (2021) Pengembangan Buku saku IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD Annysa Tanjung Gusta TP. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311023_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1143311023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 1143311023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 1143311023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 1143311023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1143311023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 1143311023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1143311023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1143311023_BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13. NIM. 1143311023_BAB V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
14. NIM. 1143311023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE, yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan Buku Saku yang dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan tehnik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli, kemudian guru dan siswa kelas IV di SD Annysa Tanjung Gusta, dimana jumlah siswa kelas IV adalah 31 orang. Sebagai sample uji coba kelompok besar diambil siswa sebanyak 19 orang, kelompok sedang sebanyak 9 orang dan kelompok kecil sebanyak 3 orang yang diambil secara total sampling dengan kemampuan, jenis kelamin dan tingkat kecerdasan yang bervariasi utnuk diajarkan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan. Validasi yang dilakukan pada pertemuan pertama (P1) mencapai angka 58,82% yang artinya buku saku sudah dikatakan cukup valid dan cukup layak digunakan, tetapi masih ada revisi yang harus diperbaiki. Sehingga pada pertemuan yang kedua (P2) mencapai angka 87,05% yang artinya buku saku sudah dikatakan valid dan layak digunakan. Dalam penelitian ini kelayakan juga didapat dari angket respon siswa setelah siswa memakai dan mersakan produk yang trelah dikembangkan. Hasil angket respon siswa terhadap modul tematik berbasis inkuiri terbimbing juga dikatakan layak dengan persentase 77%. Hasil pretes siswa mencapai rata-rata skor 34. Sedangkan hasil postes setelah menggunakan media auduiovisual mencapai rata-rata skor 75,6. Untuk melihat efektivitas Buku Sakudengan menggunakan rumus N-gain dengan nilai N-Gain mencapai 0,63 dan dapat dikategorikan efektifitas sedang. maka dapat disimpulkan bahwa modul tematik berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan di kelas IV SD Annysa Tanjung Gusta Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-194 |
Keywords: | Buku Saku IPA; Keterampilan Proses Sains; Model Pengembangan; Perangkat Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 04:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44960 |