Lubis, Eka Mutia (2014) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU DI SD NEGERI KECAMATAN TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126131003 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 8126131003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. 8126131003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. 8126131003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. 8126131003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 8126131003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 8126131003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8126131003 Daftar Histogram.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8126131003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
10. 8126131003 Bab I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
11. 8126131003 Bab V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
12. 8126131003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi guru di SD Negeri Kecamatan Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan statistik korelasional dengan responden sebanyak 171 guru di SD Negeri Kecamatan Tanjung Morawa. Pengumpulan data komunikasi interpersonal menggunakan instrumen angket, kecerdasan emosional dan motivasi berpestasi guru diperoleh melalui tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi sederhana, regresi, korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil analisis data dan pengajuan hipotesis, maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi berprestasi guru di SD Negeri Kecamatan Tanjung Morawa. Hal ini dapat dilihat dari besarnya korelasi antara X1 dengan Y sebesar 0,402. Hasil ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan N=171 pada taraf 5% =0,148. Dengan ry1 =0,402 diperoleh thitung = 5,706. Hasil ini dikonsultasikan dengan N=171 taraf 5% diperoleh thitung=1,960, berarti thitung=5,706>ttabel=1,960. Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi guru di SD Negeri Kecamatan Tanjung Morawa. Hal ini dapat dilihat dari besarnya korelasi sederhana antara X2 dengan Y sebesar 0,697 sedangkan rtabel N= 171 pada taraf 5% sebesar 0,148. Dengan harga rhitung 0,505 diperoleh thitung=12,639. Harga thitung untuk N=171 pada taraf 5% adalah 1,960. Hasil ini dikonsultasikan ke harga ttabel dengan N=171 taraf 5% diperoleh 1,960, berarti 12,639>1,960. Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi guru di SD Negeri Kecamatan Tanjung Morawa. Dari analisis korelasi ganda diperoleh hasil hitung Ry(1,2) = 0,7623, sedangkan rtabel dengan N=171 taraf 5% sebesar 0,148. Berarti bahwa rhitung>rtabel (0,7623>0,148. Uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-F dengan harga rhitung = 0,7623 diperoleh Fhitung = 211,7163. Harga Ftabel untuk N=171 pada taraf 5% adalah 3,040, berarti Fhitung>Ftabel (211,7163>3,040). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa makin baik pelaksanaan komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional memberikan kontribusi yang berarti terhadap motivasi berprestasi guru di di SD Negeri Kecamatan Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Lub h |
Keywords: | Motivasi berprestasi; Komunikasi interpersonal; Kecerdasan emosional; Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 17:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4491 |