Yulia, Eka (2021) Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Siswa Selama PJJ Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 134633 Kota Tanjungbalai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311033_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 1173311033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 1173311033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 1173311033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1173311033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173311033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 1173311033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173311033_BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM. 1173311033_BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 1173311033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah menyebarnya virus covid-19 yang menjadi masalah nasional yang berdampak pada semua bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan yang mana kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah demi menghindari virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penilaian autentik dan kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian autentik pada saat pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 di SDN 134633 Kota Tanjungbalai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas di SDN 134633 Kota Tanjungbalai. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi,Wawancara, dan Studi Dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan uji kreadibilitas dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian autentik yang dilaksanakan pada saat pembelajaran jarak jauh di SDN 134633 kota Tanjungbalai yaitu dengan penilaian kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan. Penilaian ini dilaksanakan untuk menilai kebiasaan-kebiasaan siswa sehari-sehari dan penilaian ini masih bersifat umum terlihat di kondisi pandemi sekarang. Kendala guru dalam melaksanakan penilaian autentik adalah guru tidak bisa senantiasa mengamati semua siswa, waktu yang sangat singkat atau keterbatasan waktu, siswa jarang hadir ke sekolah, siswa tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, dan orang tua tidak merespon guru saat ditanya mengenai tugas yang diberikan oleh guru terhadap siswa. Adapun solusi untuk dimasa sekarang yaitu guru memperhatikan penyesuaian waktu dan memberikan metode penilaian autentik yang lebih efektif dimasa pembelajaran jarak jauh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-259 |
Keywords: | Kurikulum 2013; Pandemi Covid-19; Pembelajaran Jarak Jauh; Penilaian Autentik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 03:43 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44906 |