Fadhani, Cindy Audrine (2021) Pengembangan Media Berbasis Video Pembelajaran pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2 di Kelas V SD Swasta Abdi Sukma Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111014_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3. NIM. 1173111014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 1173111014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1173111014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 1173111014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1173111014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 1173111014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173111014_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 1173111014_BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14. NIM. 1173111014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru belum menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media berbasis video pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 di kelas V dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan. Kelima tahapan ini adalah Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket/kuesioner. Dalam mengembangkan media berbasis video pembelajaran ini dilakukan 4 tahapan, pertama merekam materi dan juga percakapan karakter, kedua mengubah rekaman yang ada dengan aplikasi pengubah suara, ketiga membuat karakter animasi laki – laki dan perempuan dengan menggunakan aplikasi SuperMe dan keempat membuat video pembelajaran mengginakan aplikasi KineMaster. Hasil penelitian pada penelitian kali ini adalah persentase kelayakan media oleh ahli materi adalah sebesar 90% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Persentase kelayakan media oleh ahli media adalah sebesar 98% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Pada tahap implementasi persentase kelayakan media oleh praktisi pendidikan (guru) sebesar 98% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Persentase kelayakan media pada tahap uji coba perorangan adalah sebesar 89,37% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Dan persentase kelayakan media pada tahap uji coba kelompok kecil adalah sebesar 90,73% dengan kriteria ‘Sangat Layak'. Maka dapat disimpulkan bahwa media berbasis video pembelajaran pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 dikelas V yang dikembangkan ‘Sangat Layak’ digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-239 |
Keywords: | Pengembangan Media; Video Pembelajaran; Media Pembelajaran; Materi Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44887 |