Barus, Arwedy Adeja (2021) Pengembangan Lkpd Elektronik Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Di Kelas Iv Sd Negeri 043935 Simpang Katepul T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111009_COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 1173111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 1173111009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 1173111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1173111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1173111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173111009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1173111009_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 1173111009_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 1173111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tersedianya LKPD Elektronik yang mampu menarik minat belajar peserta didik kelas IV SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan efektifitas LKPD Elektronik Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline yang dikembangkan pada Tema 6 Cita – Citaku, Subtema 1 Aku dan Cita – Citaku, Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 043935 Simpang Katepul T.A 2020/2021, berdasarkan Ahli (Validator) dan hasil uji coba produk.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah – langkah dalam penelitian ini dibatasi menjadi 6 tahapan yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli desain, ahli praktisi pendidikan dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi LKPD Elektronik dilihat pada penilaian ahli materi, ahli media dan ahli praktisi pendidikan diperoleh persentase kelayakan berturut-turut sebesar 94,2%, 80% dan 75%.. Sehingga LKPD Elektronik yang dikembangkan layak untuk diuji coba. Berdasarkan hasil uji coba produk dapat diketahui bahwa nilai peserta didik sebelum menggunkan LKPD Elektronik Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline sebesar 54,3% dan sesudah penggunaan LKPD Elektronik Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline menjadi 77,6%. Hasil jawaban peserta didik dalam menggunakan produk memiliki nilai rata-rata di atas KKM yaitu 70, sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD Elektronik Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline efektif digunakan di kelas IV SD. Berdasarkan hasil uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa LKPD Elektronik Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline yang dikembangkan pada Tema 6 Cita – Citaku, Subtema 1 Aku dan Cita – Citaku, Pembelajaran 1, layak digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas IV SD Negeri 043935 Simpang Katepul T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-184 |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik; Pembelajaran Tematik; Model Problem Based Learning; Aplikasi Articulate Storyline |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:49 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44885 |