SINAMO, SURI HARTATI (2020) STUDI PENATAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI TK SANTA LUSIA PELITA VI MEDAN PERJUANGAN T. A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1163113041 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM 1163113041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 1163113041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 1163113041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 1163113041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 1163113041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 1163113041 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 1163113041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 1163113041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM 1163113041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 1163113041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penataan lingkungan belajar Indoor adalah usaha yang dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman dengan mengatur kondisi lingkungan ruangan kelas sesuai dengan kaidah yang ada sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya penataan lingkungan belajar Indoor terkait ukuran ruangan yang tidak sesuai dengan jumlah anak yang berada di dalam ruangan sehingga anak tidak memiliki ruang gerak yang cukup dan pemanfaatan dinding terkait pemajangan atau penempelan gambar atau poster yang terlalu tinggi sehingga tida dapat dijangkau oleh pandangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penataan lingkungan belajar Indoor di TK Santa Lusia VI Medan Perjuangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 5 ruangan kelas yang terdiri dari 4 ruangan kelas TK B dan 1 ruangan kelas TK A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah menggunakan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pihak TK Santa lusia sudah melakukan perencanaan sebelum melaksanakan penataan lingkungan belajar Indoor, 2) Penataan lingkungan belajar Indoor yang telah dilaksanakan sudah memenuhi prinsip- prinsip penataan lingkungan belajar Indoor. Namun, ukuran ruangan perlu lebih diperhatikan atau disesuaikan dengan jumlah anak di dalam ruangan tersebut, 3) Pemilihan dan penggunaan perlengkapann belajar sudah dilaksanakan dengan baik, 4) Formasi pengaturan tempat duduk yang digunakan hanya satu yaitu Formasi Klaster (Cluster).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penataan, Lingkungan Belajar Indoor, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:47 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44884 |