Harianja, Apdon Fransisko (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis aplikasi Sparkol Videoscribe Pada tema 6 Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SD Negeri 11 Huta Bolon T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111008 COVER.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
2. NIM.1173111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 1173111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
4. NIM. 1173111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
5. NIM. 1173111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
6. NIM. 1173111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. NIM. 1173111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
8. NIM. 1173111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
9. NIM. 1173111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
13. NIM. 1173111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14. NIM 1173111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) produk media pembelajaran video berbasis aplikasi Sparcol videoscribe yang bertujuan untuk: 1) Untuk menghasilkan produk media pembelajaran video berbasis aplikasi sparcol videoscribe; 2)Untuk mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran video berbasis sparcol videoscribe; 3)Untuk menguji keefektifan produk media pembelajaran video berbasis aplikasi sparcol videoscribe.
Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design ,Development, implementation, and evaluation. Tahap pertama analysis dilakukan analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran, analisis kebutuhan ,analisis perangkat pembelajaran, analisis peserta didik, serta analisis kurikulum dan materi. Tahap kedua yaitu design dilakukan kegiatan dalam merancang sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tahap ketiga yaitu development dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran video menggunakan aplikasi sparcol videoscribe dan sekaligus dilakukan penilaian terhadap sebuah media yang dikembangkan. Tahap Keempat implementation ini akan dilakukan uji coba produk yang telah dikembangkan dimana uji coba lapangan dilaksanakan di kelas V SD Negeri 11 Huta Bolon. Tahap kelima yaitu evaluation ini juga perbaikan dan penyempurnaan sebuah media yang dikembangkan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini setelah melakukan validasi dan uji coba lapangan secara terbatas mendapat kategori “sangat layak” dengan rincian validator ahli materi diperoleh skor sebesar 92,00% dengan kategori “sangat layak”, dari validator ahli media diperoleh skor sebesar 93,00% dengan kategori “sangat layak” dan validator ahli paraktisi pendidikan diperoleh skor sebesar 93,20% dengan kategori “sangat layak”. Kemudian hasil pre-test dan post-test terdapat perbedaan, dimana persentase nilai pre-test adalah 45,62% dan persentase nilai post-test 80,93% , sehingga terdapat peningkatan sebesar 35,31%. Dapat disimpulkan media pembelajaran video berbasis aplikasi sparcol videoscribe yang dikembangkan, layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 6 sub tema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri 11 Huta Bolon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-207 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Media Video Animasi; Sparkol Videosribe |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:44 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44883 |