DAMANIK, JANNE ENJELIA (2020) EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PERTEMUAN BULANAN DENGAN WALI KELAS DALAM PROGRAM PARENTING T.A 2019/2020 DI TK NEGERI PEMBINA TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163113016 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 1163113016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
3. NIM. 1163113016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 1163113016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 1163113016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 1163113016 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1163113016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1163113016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1163113016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 1163113016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 1163113016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah ketidak senergian pendidikananak usia dini di rumah dan disekolah yang menyebabkan pendidikan yang didapatkan oleh anak tidak sejalan antara di rumah dan di sekolah, oleh karena itu diperlukan pelatihan kepada orangtua agar orangtua juga dapat memehami dan memilikipengetahuan yang sama dengan guru terkait denganpertumbuhan dan perkembangan anak, cara mengasih dan mendidik a nak usia dini di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pelaksanaan kegiatan pertemuan bulanan dengan wali kelas dalam program parenting T.A. 2019/2020 di TK Negeri Pembina Tanjung Morawa. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan menggunakan Model evaluasi evaluasi context, input, process, product (CIPP. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah wali kelas, orangtua, dan ketua parenting. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan pertemuan bulanan dengan wali kelas dalam program parenting sesuai dengan perencanaan yang telah dimuat dalam RAPK (rencana aksi pelaksanaan kegiatan) hanya saja waktu pelaksanaan yang seharusnya dilaksanakan juga di bulan April, dan juni tidak dapat dilaksanakan dikarenakan pandemic yang terjadi. 2) Pelaksanaan pertemuan bulanan sudah berdasarkan prinsip program parenting. Orangtua diberikan hak yang sama untuk hadir, memberikan pendapat, bertanya dalam pertemuan bulanan tersebut, mereka juga bekerja sama dalam mensukseskan kegiatan tersebut, karena setiap kegiatan akan dilaksanakan dan ditanggungjawabi secara bergantian oleh pengurus paguyuban kelas. 3) Pertemuan bulanan dengan wali kelas tersebut berdampak baik bagi orangtua, guru dan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pertemuan bulanan dengan wali kelas, Evaluasi conteks, input, proses, produk (CIPP) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:06 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44876 |