Putri, Tifka Utami (2014) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KERJA, PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU DENGAN KINERJA GURU SMK NEGERI SE-KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126131021 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 8126131021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
3. 8126131021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. 8126131021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. 8126131021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. 8126131021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. 8126131021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8126131021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. 8126131021 Bab I.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
10. 8126131021 Bab V.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
11. 8126131021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: 1) Untuk mengetahui hubungan yang positif antara iklim kerja dengan kinerja guru, 2) mengetahui hubungan persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan kinerja guru, 3) Untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru, 4) Untuk mengetahui hubungan antara iklim kerja, persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru. Populasi dalam penelitian adalah guru-guru SMK Negeri Se Kabupaten Deli Serdang sebanyak 335 orang dan sampel penelitian sebanyak 151 orang yang diambil dari Tabel Isaac dan Michael. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan untuk variabel iklim kerja sekolah, variabel persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, dan motivasi berprestasi guru dengan menggunakan angket dan diujicoba terlebih dahulu dilanjutkan dengan uji validitas serta uji reliabilitas. Sedangkan untuk instrumen kinerja guru menggunakan Instrumen Penilaian Kinerja Guru. Untuk perhitungan uji validitas angket digunakan rumus product momen, dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, digunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara : (1) iklim kerja sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang dengan besar koefisien korelasi yakni 0.34 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 10.05%, (2) persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang dengan besar koefisien korelasi yakni 0.28 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 6.03%, (3) motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru SMK Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang serta memberikan sumbangan efektif sebesar 10.22%, 5) iklim kerja sekolah, persepsi tentang kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, dan motivasi berprestasi guru dengan kinerja guru SMK Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang dengan besar koefisien korelasi yakni 0.56 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 31.3%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini: Kepala Sekolah kiranya dapat lebih peka akan lingkungan tempatnya memimpin, berupaya menerapkan kepemimpinan partisipatif yang efektif yang tentunya dapat membangun iklim kerja sekolah yang baik. Guru juga disarankan bukan hanya sekedar bekerja yakni mengajar tanpa melakukan hal-hal yang baru dan berprestasi, namun tetap memberikan yang maksimal dalam dirinya untuk sekolah dan berupaya mengeksplor lagi kemampuannya sehingga dapat berinovasi dalam produktivitas kerjanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.11 Put h |
Keywords: | Iklim kerja; Kepemimpinan partisipatif; Kinerja guru; Motivasi berprestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 01 May 2016 19:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4487 |