Afrida, Sri Nur (2021) Efektivitas multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi golongan karbon mata kuliah kimia anorganik non logam terhadap kemampuan generik kimia. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196141008 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. NIM. 8196141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. NIM. 8196141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. NIM. 8196141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. NIM. 8196141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. NIM. 8196141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. NIM. 8196141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. NIM. 8196141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. NIM. 8196141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. NIM. 8196141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. NIM. 8196141008 BIBLIOGRPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran memberikan dampak besar terhadap keberhasilam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan generik kimia mahasiswa serta melihat respon mahasiswa terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) ) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 23 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan prodi pendidikan kimia. Dengan menggunakan instrument tes berupa tes kemampuan generik kimia mahasiswa dan instrument tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t-one sampel. Hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Articulate Storyline 3 yang memiliki kelebihan yaitu memiliki antarmuka pengguna atau tampilan yang lebih mudah digunakan yang mampu menciptakan presentasi yang menarik serta interaksi yang lebih menyeluruh, variatif dan kreatif telah layak sesuai BSNP dengan perolehan rata-rata uji kelayakan dari ahli materi dan media sebesar 3.73 dalam skala 4,00. Peningkatan kemampuan generik kimia mahasiswa yang diajarkan dengan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Articulate Storyline 3 adalah tinggi dengan nilai N-Gain 0,74 dan keterampilan generik sains yang paling terkembangkan adalah pengamatan langsung, dari hasil uji t-one sample yang dilakukan kemampuan generik yang diperoleh mahasiswa dapat memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 80, dengan rata-rata posttest mahasiswa 83,4 dan diperolehnya nilai sig. = 0,029 < 0,05. Respon mahasiswa terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis ibkuiri terbimbing pada materi golongan karbon sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi jawaban mahasiswa sebesar 89%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.607 2 Afr e |
Keywords: | Multimedia Interaktif; Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Generik Kimia; Articulate Storyline 3; Golongan Karbon; Kimia Anorganik Nonlogam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 10:29 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 10:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44869 |