Fauziah, Aina (2021) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Tema 3 Subtema 2 di Kelas IV SDN 057201 Kab.Langkat T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172111027_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1172111027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 1172111027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1172111027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1172111027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1172111027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1172111027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1172111027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1172111027_BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
13. NIM. 1172111027_BAB V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
14. NIM. 1172111027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya evaluasi yang standar dalam kegiatan evaluasi pembelajaran tematik di sekolah dasar, serta belum adanya inovasi pengembangan dalam pembelajaran khususnya dalam evaluasi di sekolah tempat penelitian dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan evaluasi pembelajaran yang valid, praktis dan efektif berbasis quizizz pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 di kelas IV SD Negeri 057201 Kab.Langkat T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Research & Development) menggunakan model Borg and Gall dengan mengadopsi 8 tahap pengembangan yaitu, Research and Informating Collecting, Planning, Develop Preliminary From a Product, Preliminary Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli evaluasi, validator ahli media, praktisi pendidikan dan peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Validitas yang diperoleh dari ahli evaluasi senilai 92% dan ahli media senilai 90% dalam kategori “sangat valid”; Praktikalitas yang diperoleh adalah hasil angket praktisi pendidikan senilai 96,66% dan hasil angket siswa senilai 92% dalam kategori “sangat praktis”; Efektivitas diperoleh melalui hasil dari evaluasi dengan nilai rata-rata senilai 78 atau jika dipresentasekan senilai 78% dan telah mencapai batas minimal ketuntasan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran berbasis quizizz pada tema 3 subtema 2 di kelas IV valid/layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-248 |
Keywords: | Evaluasi Pembelajaran; Aplikasi Quizizz; Pembelajaran Tematik; Model Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 03:27 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44847 |