Saragih, Yessy Henny (2021) Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Saat Belajar Daring di PAUD Oberhausen HKBP Pangururan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173113042 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1173113042 LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
3. NIM 1173113042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM 1173113042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM 1173 113042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 1173113042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 1173113042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NM 1173113042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM 1173113042 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM 1173113042 BAB V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
14. NIM. 1173113042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui peran orang tua mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di PAUD Oberhausen HKBP Pangururan saat belajar daring, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun saat belajar daring, 3) Mengetahui kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 Tahun di PAUD Oberhausen HKBP Pangururan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini 5 orang tua anak usia 5-6 tahun di PAUD Oberhausen Pangururan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan reduksidata, display data dan menyimpulkan data. Pengolahan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun saat belajar daring di PAUD Oberhausen HKBP Pangururan adalah mendampingi, menjalin komunikasi, mendukung dan menyediakan fasilitas belajar anak saat melakukan kegiatan belajar membaca permulaan seperti menyebutkan beberapa huruf abjad, menggabungkan beberapa huruf menjadi kata dan menyebutkan satu persatu huruf yang terdapat pada gambar. Faktor pendukung dan faktor penghambat peran orang tua mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak yaitu faktor waktu dan juga lingkungan sekitar anak. Kemampuan membaca permulaan ke 5 orang anak usia 5-6 di PAUD Oberhausen saat dilaksanakan pembelajaran secara daring 3 orang anak sudah berkembang karena anak sudah mampu memenuhi 3 indikator pencapaian membaca permulaan yang telah ditentukan, sedangkan 2 orang anak lagi belum berkembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-084 |
Keywords: | Peran Orang Tua; Kemampuan Membaca Permulaan; Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 03:08 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44842 |