Usman (2014) PENINGKATAN KREATIVITAS GURU BIOLOGI DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN MELALUI SUPERVISI MODEL SESI DI SMA NEGERI BATURAJA, KABUPATEN OKU, SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132067 Cover.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. 8126132067 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8126132067 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8126132067 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 8126132067 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. 8126132067 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 8126132067 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8126132067 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8126132067 Bab I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
10. 8126132067 Bab V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
11. 8126132067 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru Biologi dalam membuat media pembelajaran berbasis lingkungan melalui supervisi Model “Sharing of Experience and Sharing of Idea di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Propinsi Sumatera Selatan. Hipotesis tindakan ini adalah penggunaan supervisi dengan model Sharing of Experience and Sharing of Idea dapat meningkatkan kreativitas guru Biologi dalam membuat media pembelajaran berbasis lingkungan di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Propinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu yang meliputi SMA Negeri 3 OKU, SMA Negeri 4 OKU dan SMA Negeri 5 OKU. Subyek dalam penelitian ini adalah tujuh (7) orang guru sesuai dengan mata pelajaran IPA bidang studi Biologi dan satu orang pengawas dinas pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Waktu Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu mulai bulan Desember 2013 sampai dengan Februari 2014. Desain yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti, pengawas dan guru, dalam meningkatkan kreativitas guru agar menjadi lebih baik dalam membuat dan merancang aneka media dan eksperimen sederhana berbasis lingkungan melalui teknik supervisi kelompok model Sharing of Experience and Sharing of Idea (SESI). Peneliti menggunakan model penelitian Kemmis and Mc Taggart yang dirancang dengan proses siklus. Prosedur ini mencakup tahap-tahap: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflectif). Hasil analisis dan simpulan yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata pretest mengenai kreativitas guru dalam merancang/mendesain dan membuat media pembelajaran berbasis lingkungan sebelum dilakukannya supervisi menggunakan model SESI diperoleh 0% (tidak ada guru) yang memiliki kreativitas dalam merancang/mendesain dan membuat media pembelajaran berbasis lingkungan. Hasil posttest setelah dilaksanakan kegiatan supervisi menggunakan model Sharing of Experience and Sharing of Idea (SESI) di akhir siklus I dan siklus II, diperoleh sebesar 100% (7 orang guru) yang sudah memiliki kreativitas dalam merancang/mendesain dan membuat media pembelajaran berbasis lingkungan serta 0% (tidak ada guru) yang tidak memiliki kreativitas dalam merancang/mendesain dan membuat media pembelajaran berbasis lingkungan. Dengan demikian penggunaan supervisi kelompok model Sharing of Experience and Sharing of Idea (SESI) dapat meningkatkan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran berbasis lingkungan di SMA Negeri Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.302 Usm p |
Keywords: | Media pembelajaran; Supervisi kelompok; Kreativitas; Guru; Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 23:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4482 |