HARAHAP, CITRA GEMILA SARI (2020) PELAKSANAAN PENILAIAN DI TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161113007 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1161113007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
3. NIM. 1161113007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1161113007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 1161113007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 1161113007 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1161113007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
11. NIM. 1161113007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
12. NIM. 1161113007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Pelaksanaan Penilaian Di Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Medan Perjuangan”. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan penilaian yang sudah diterapkan oleh guru, (2) untuk mengetahui hambatan guru dalam pelaksanaan penilaian, (3) untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru dalam melaksanakan penilaian. Penelitian ini dilaksanakan di 3 TK Kecamatan Medan Perjuangan yaitu TK Aisiyyah Bustanul Athfal (ABA) 25, TK Aisiyyah Bustanul Athfal (ABA) 33, dan TK Aisiyyah Bustanul Athfal (ABA) 10. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu untuk menggali informasi dan memberi gambaran tentang pelaksanaan pendekatan penilaian autentik dalam proses pembelajaran anak. Populasi penelitian ini adalah semua Tk di Kecamatan Medan Perjuangan yang terdiri dari 20 TK. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara sampling purposive. Sampel purposive ini adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dengan cara memilih sekolah yang memiliki akreditasi B,C dan tidak terakreditasi. sekolah TK yang terakreditasi B yaitu TK ABA 25, akreditasi C yaitu TK ABA 33, dan tidak terakreditasi yaitu TK ABA 10. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menyebar kuisioner, wawancara, dan dokumentasi secara online dengan responden sebanyak 11 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik di TK Kecamatan Medan Perjuangan memperoleh nilai rata-rata sebanyak 3,09 dengan kategori cukup baik. Untuk pelaksanaan di setiap Taman Kanak-Kanak yaitu TK ABA 25 dengan akreditasi B memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,25 dengan kategori baik. Kemudian di TK ABA 33 dengan akreditasi C memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,16 dengan kategori baik. Sementara di TK ABA 10 memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,88 dengan kategori cukup baik. Hambatan yang dialami guru dan solusi yang diberikan guru dalam penilaian autentik ini yaitu (1) kurangnya waktu dalam penyusunan RPPH yang baik dan benar. Solusi yang diberikan yaitu solusi guru yang diberikan pada saat menghadapi penilaian autentik dengan cara RPP nya dibuat singkat , (2) sulitnya merubah kebiasaan dengan penilaian yang biasanya (menilai setelah pulang sekolah) menjadi autentik solusi yang diberikan guru yaitu guru hanya melakukan penilaian kepada 5 anak saja dalam per hari, dan memberikan catatan kecil atau mengingat apa saja yang dilakukan oleh anak dalam sehari dan melakukan penilaian setelah anak pulang sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pelaksanaan, Penilaian , Autentik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 01:54 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44816 |