BR GINTING, SRI AYU (2020) PRESEPSI ORANGTUA TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERDASARKAN PEKERJAAN DIDESA KEM-KEM KECAMATAN TIGABINANGA KABUPATEN KARO T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163313039_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1163313039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 1163313039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM. 1163313039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 1163313039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1163313039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1163313039_BAB I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
11. NIM. 1163313039_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
12. NIM. 1163313039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan, tanpa adanya pendidikan seorang anak tidak dapat berkembang. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu jalur pendidikan dari usia 0-6 tahun yang diselenggarakan secara terpadu. Peran serta orangtua sangat dibutuhkan dalam PAUD . orangtua merupakan pendidik pertama dan utam bagi anak –anaknya. Mayoritas orangtua yang
memiliki anak usia dini di desa Kem-Kem yaitu sebagaia petani kebanyakan waktu orangtua dilakukan untuk bekerja , sehingga belum sepenuhnya memperhatikan atau mengetahui apa sebetulnya PAUD dan apa kegunaan lembaga PAUD tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan anak usia dini di desa Kem-Kem Kecamatan Tigabinanga Kabupaten Karo T.A 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian tentang persepsi orang tua terhadap pelaksanaan pendidikan anak usia dini di Desa Kem-Kem Kecamatan Tigabinanga Kabupaten Karo T.A 2019/2020 yaitu dimana orangtua yang berkerja sebgai PNS persepsi tentang pelaksanaan PAUd di Desa Kem-Kem itu sangat baik dimana orangtua menyadari bahwasa PAUD itu sangat Penting dan membantu orangtua mendidik anak di sekolah. Orangtua
menyadari bahwa betapa pentinngnya pendidikan sejak dini dan jika anak berpendidikan maka peluang pekerjaaan untuk masa depan akan semakin besar. Orangtua yang bekerja sebagai PNS berpersepsi tengang peleksanaan PAUD di desa Kem-kem dengan Frekuensi 35 atau 87,5% menjawab sangat setuju serta 5 atau 12,5% menjawab setuju. Orangtua yang bekerja sebagai petani bersepsi tentang pelaksaanaan PAUD di Desa Kem- Kem yaitu orangtua yang menjawab sangat setruju dengan frekuensi 18 atau 4,09 % dan yang menjawab setuju 334 atau 75,90% dan yang menjawab kurang setuju dengan frekuensi 73 atau 16,59% serta yang menjewab tidak setuju dengan frekuensi 15 atau 3,40%. Orangtua berekerja sebgaia pedagang berpresepsi tentang pelaksanaan PAUD di Desa Kem-Kem yaitu frekuensi yang menjawab sangat setuju 17 atau 9,4% frekuensi yang menjawab setuju 140 atau 77,7% dan frekuensi yang menjawab kurang setuju 23 atau 12,77%. Persepsi orangtua yang bekrja sebagai buruh frekuensi yang menjawab setuju yaityu57 atau 57% dan frekuensi yang menjawab kurang setuju yaitu 18 atau 18% serta frekuensi yang menjawab tidak setuju 25atau 25%. dapat disimpulkan sebagai berikut: nilai rata-rata skor persepsi orang tua adalah 74,525apabila disesuaikan dengan pedoman sebelumnya maka nilai 74,525 berada pada kategori “baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:14 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44812 |