Yuliana (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Adobe After Effects Pada Materi Keadaan Alam Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Karo. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141131049 COVER.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
2. NIM. 3141131049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (959kB) | Preview
3. NIM. 3141131049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (971kB) | Preview
4. NIM. 3141131049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
5. NIM. 3141131049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
6. NIM. 3141131049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7. NIM. 3141131049 TABLES.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
8. NIM. 3141131049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
9. NIM. 3141131049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 3141131049 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
15. NIM. 3141131049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi adobe after effects materi keadaan alam Indonesia di kelas VII SMP Negeri Simpang Empat. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan model Thiagarajan (4-D) yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap Define (pendefnisian) meliputi analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, spesifikasi tujuan pembelajaran, (2) tahap Design (Perencanaan) yang terdiri dari kegiatan pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal, (3) tahap Develop (Pengembangan) meliputi penilaian dari ahli materi dan media, dan uji coba pengembangan yang terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, dan (4) tahap Disseminate (Penyebaran) meliputi kegiatan menyebarluaskan produk yang telah teruji untuk dimanfaatkan orang lain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 86 orang siswa, terdiri dari VII1, VII2, VII3. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 yang diambil secara random dengan jumlah 25 orang siswa. Kemudian siswa di bagi 2 kelompok uji yaitu, sebanyak 10 orang siswa untuk uji kelompok kecil, dan untuk uji kelompk besar seluruh siswa VII1. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan angket, kemudian data dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi terhadap video pembelajaran yang dikembangkan diperoleh rata-rata skor nilai akhir sebesar 3,83 terkategori layak, dan penilaian ahli konstruksi multimedia menunjukkan rata-rata skor nilai akhir sebesar 3,90 terkategori layak, dan hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh rata-rata skor nilai akhir akseptansi/penerimaan sebesar 4,47 terkategori akseptansi sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi keadaan alam di Indonesia untuk tingkat SMP kelas VII pada KD 3.1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:56 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44782 |