Apriliana, Mufika Raihan (2021) Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Pembelajaran di TK/PAUD VIZAHRI Kec. Deli Tua T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1172113003 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 1172113003 LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
3. NIM 1172113003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM 1172113003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
5. NIM 1172113003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM 1172113003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7. NIM 1172113003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
8. NIM 1172113003 BAB I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
12. NIM 1172113003 BAB V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13. NIM 1172113003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peran guru pendamping dalam membantu pembelajaran di TK/PAUD VIZAHRI Kec. Deli Tua T.A 2020/2021. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang guru pendamping yakni 1 guru pendamping kelas A dan 1 guru pendamping kelas B. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan denga menggunakan instrimen observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendamping terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran. Guru pendamping kelas A dalam hal perencanaan kurang baik, peranan guru pendamping dalam membuat rancangan pembelajaran masih di bimbing oleh guru inti dan kepala sekolah. Peranan guru pendamping kelas A dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik, guru inti bergantian dengan guru pendamping dalam memberikan materi sesuai dengan tema yang akan diajarkan ke anak didik. Dalam evaluasi pembelajaran guru pendamping kelas A berperan baik, evaluasi pembelajaran dilakukan di akhir kegiatan guru melakukan recalling dan mengevaluasi setiap anak didik yang mengalami kesulitan saat belajar. Guru pendamping kelas B kurang berperan dalam melakukan perencanaan pembelajaran, guru pendamping hanya memberikan ide-ide atau strategi yang akan di buat di rancangan pembelajaran. Saat pelaksanaan pembelajaran guru pendamping kelas B tidak mengikuti rancangan yang telah di buat dan sering kali lupa dan bertanya kepada guru inti tentang kegiatan yang akan dilakukan. Saat kegiatan evaluasi guru pendamping kelas B menjalankan perannya cukup baik, guru pendamping dapat mengevaluasi pembelajaran dan megevaluasi anak didik tanpa di bantu oleh guru inti, hanya saja guru pendamping tidak melakukan pencatatan mengenai evaluasi pembelajaran dan evaluasi anak didik. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut, disarankan bagi guru pendamping TK/PAUD VIZAHRI Kec. Deli Tua agar dapat lebih memahami setiap tugas dan kewajibannya sebagai guru pendamping dalam kegiatan pembelajaran di kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-067 |
Keywords: | Guru Pendamping; Proses Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak; Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:12 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44781 |