Siagian, Marta G.S. (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGANALISIS TES PILIHAN GANDA MELALUI SUPERVISI KOLABORATIF DI SMA NEGERI KECAMATAN MERLUNG DAN MUARA PAPALIK KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT JAMBI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132058 Cover.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. 8126132058 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
3. 8126132058 Abstrak.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. 8126132058 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 8126132058 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. 8126132058 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8126132058 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126132058 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8126132058 Bab I.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
10. 8126132058 Bab V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
11. 8126132058 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk membantu guru Matematika meningkatkan keterampilan menganalisis tes pilihan ganda . Analisis kualitatif melihat kesesuaian soal dengan tiga aspek yang ditentukan yaitu aspek materi, aspek konstruksi dan aspek bahasa yang menggunakan lembar telaah soal. Sedangkan analisis kuantitatif, melakukan perhitungan terhadap aspek validitas butir tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas pengecoh. Pendekatan yang digunakan dalam melaksanakan supervisi pada penelitian ini adalah pendekatan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Merlung di Kecamatan Merlung dan SMA Negeri 4 Merlung di Kecamatan Muara Papalik pada bulan Januari 2014 sampai Maret 2014 terhadap 4 orang guru Matematika yang mengajar di kelas XII IPA dan XII IPS. Berdasarkan hasil analisis kualitatif dan analisis kuantitatif soal semester 1 pada siklus I, tidak ada soal yang sesuai dengan kaidah pada setiap aspek (0%) pada kedua sekolah. Pada analisis kualitatif di siklus II, soal yang sesuai dengan kaidah pada aspek materi meningkat menjadi 85% di SMA Negeri 1 Merlung dan 87,5% di SMA Negeri 4 Merlung dari 40 soal yang disusun. Demikian halnya pada aspek konstruksi, soal yang sesuai dengan kaidah meningkat menjadi 87,5% dan 97,5% untuk masing-masing jurusan. Hasil analisis kuantitatif juga mengalami peningkatan, yaitu 87,5% (35 soal) untuk jurusan IPA dan 82,5% (33 soal) untuk jurusan IPS di SMA Negeri 1 Merlung. Soal yang diterima untuk jurusan IPA di SMA Negeri 4 Merlung sebanyak 82,5% (33 soal) untuk jurusan IPS dan 80% (32 soal) untuk jurusan IPS. Keterampilan guru pada kedua sekolah dalam menganalisis tes pilihan ganda melalui supervisi kolaboratif meningkat dari nilai 77,8 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II (analisis kualitatif). Pada analisis kuantitatif juga terjadi peningkatan dari nilai 33,3 menjadi 86,7. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan guru menganalisis tes pilihan ganda di SMA Negeri Kecamatan Merlung dan Muara Papalik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.302 Sia p |
Keywords: | Supervisi kolaboratif; Keterampilan menganalisis; Tes pilihan ganda; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 22:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4478 |