Sitorus, Herlina Gusyanti (2020) Strategi Pembelajaran Mastery Learning Pada Pembelajaran Vokal Pop Di SMP Negeri 2 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143340017 COVER .pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 2143340017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
3. NIM. 2143340017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 2143340017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
5. NIM. 2143340017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 2143340017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 2143340017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 2143340017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
12. NIM. 2143340017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. NIM. 2143340017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Mastery Learning Pada
Pembelajaran Vokal Pop Di SMP Negeri 2 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Batu, proses
pembelajaran Mastery Learning pada pembelajaran vokal pop di SMP Negeri 2 Rantau
Utara, mengetahui metode pembelajaran yang digunakan pada siswa SMP Negeri 2 Rantau
Utara, mengetahui hasil pembelajaran Mastery Learning vokal pop pada siswa, mengetahui
kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran Mastery Learning pada pembelajaran
vokal pop di sekolah SMP Negeri 2 Rantau Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu teori pembelajaran, metode pembelajaran, teori hasil, vokal pop, teori kendala. Metode
dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di
sekolah SMP Negeri 2 Rantau Utara. Waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Maret hingga
Mei 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII4 SMP Negeri 2
Rantau Utara yang melakukan pembelajaran Seni budaya tentang vokal dan guru yang terdiri
dari 41 orang. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 yang berjumlah 5 orang
siswa. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara,
Dokumentasi dan angket. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa, pembelajaran Mastery
Learning adalah pembelajaran ketuntasan siswa. proses pembelajaran Mastery Learning pada
pembelajaran vokal pop di SMP Negeri 2 Rantau Utara siswa diawali dengan peneliti
menjelaskan pengertian dari pembelajaran Mastery Learning dan penjelasan teknik bernyanyi
yang dimana siswa harus dituntut untuk bernyanyi dengan baik dan menggunakan aturan
vokal pada teknik bernyanyi. Pembelajaran ini dilakukan dengan metode Ceramah,
Demonstrasi. Hasil yang diperoleh siswa SMP Negeri 2 Rantau Utara sangat memperoleh
nilai yang baik diatas rata-rata nilai KKM. Kendala-kendala yang terjadi di dalam proses
pembelajaran Mastery Learning pada Vokal Pop yaitu keterbatasan siswa memahami proses
pebelajaran dalam teknik bernyanyi dengan menggunakan lagu pop.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; Mastery Learning Pada Vokal Pop |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT820 Singing and vocal technique |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:51 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44776 |