Harisdayani (2014) IMPLEMENTASI SUPERVISI ILMIAH MELALUI TEKNIK PERCAKAPAN INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126131008 Cover.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2. 8126131008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. 8126131008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. 8126131008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. 8126131008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. 8126131008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. 8126131008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. 8126131008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 8126131008 Bab I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
10. 8126131008 Bab V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
11. 8126131008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi supervisi ilmiah melalui teknik percakapan individu dapat meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa Indonesia di SMP Negeri Binjai. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah pengimplementasian supervisi ilmiah melalui teknik percakapan individu dapat meningkatkan kinerja guru.Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 7, SMPN 9, dan SMPN 12 Kotamadya Binjai selama 1,5 bulan yaitu bulan April 2014 s.d Mei 2014. Subjek penelitian adalah 30 orang guru Bahasa Indonesia pada SMP Negeri di Kota Binjai. Objek penelitian adalah kinerja guru dalam pembelajaran yang terdiri atas tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.Hasil analisis data kinerja guru dalam pembelajaran Skor rata-rata kinerja guru pada prasiklus adalah 30, 99 (kurang baik) dengan persentasi ketuntasan 55,35%. Pada siklus I skor rata-rata kinerja adalah 39,66 (cukup baik) dengan persentasi ketuntasan 70,77% dan skor rata-rata kinerja guru pada siklus II adalah 49,50 (baik) dengan persentasi ketuntasan 93,99%.Skor rata-rata kinerja guru meningkat dari prasiklus sampai dengan siklus II yaitu 55,35% menjadi 93,99%. Peningkatan nilai rata-rata kinerja guru: 93,99%-55,35% = 38,64%.Implikasi penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran meningkat sehingga diharapkan kinerja guru tersebut dapat mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 625.302 Har i |
Keywords: | Supervisi akademik; Supervisi ilmiah; Kinerja guru; Individual conference |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 18:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4475 |