Pratama, Aldi (2021) Analisis Pemahaman Guru Dalam Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Di Tk Dian Ekawati Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
02 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
03 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
04 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
05 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
06 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
07 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
08 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
14 NIM 1173313003 ALDI PRATAMA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum maksimalnya pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik yang dilakukan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman guru dalam pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik sesuai dengan tahap 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan infromasi, menalar dan mengkomunikasikan) di TK Dian Ekawati Medan tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif karena memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu sebanyak 3 orang guru di TK Dian Ekawati Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dokumentasi dimaksudkan ialah analisis dokumen RPPH yang dirancang oleh guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru dalam pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik di TK Dian Ekawati Medan belum cukup baik. Hal tersebut dilihat dari hasil skor yang diperoleh pada masing-masing responden. Pada responden 1 sebesar 36% dengan kategori “Tidak Baik”, pada responden sebesar 32% dengan kategori “Tidak Baik” dan pada responden 3 sebesar 20% dengan kategori “Sangat Tidak Baik”. Selain itu, guru juga belum dapat menjelaskan atau menerangkan dengan baik sesuai dengan teori dari konsep tahapan yang ada pada pelaksanaan pendekatan pembelajaran saintifik. Serta guru belum membuat perencanaan pembelajaran dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang memuat pendekatan saintifik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PAUD-065 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Saintifik; Kurikulum 2013 PAUD; Peran Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:07 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44736 |