SIMAMORA, FACHMI FACHREZY (2020) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PKBM AL-MANAR MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163371008_COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 1163371008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1163371008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
4. NIM. 1163371008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 1163371008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
6. NIM. 1163371008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 1163371008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 1163371008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
9. NIM. 1163371008_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1163371008_BAB V.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
14. NIM. 1163371008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya tutor dalam
mengembangkan kemandirian anak serta kurang menerapkan metode bercerita anak usia 5-6 tahun di PKBM Al-Manar Medan. Penelitian bertujuan Untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap pengembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Manar Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak PAUD di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Manar Medan sampel yang diambil secara cluster random sampling artinya setiap kelas berada pada kelompok yang sama dan memiliki kesempatan untuk menjadi sampel ada sebanyak 20 orang
dan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar observasi kemandirian dan bercerita anak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.
Berdasarkan hasil hipotesis menyatakan bahwa penggunaan metode
bercerita dan kemandirian berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun di PKBM Al-Manar Medan. Dari hasil uji- t dari perhitungan data yang dilakukan hasil pengujian thitung>ttabel kemandirian yaitu 3,321<1,860 pada taraf signifikan (a = 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa
penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari metode bercerita terhadap pengembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Manar Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian, Metode Bercerita |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 03:52 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44732 |