Ayong (2014) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO-MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126122007 Cover.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2. 8126122007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. 8126122007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. 8126122007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. 8126122007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. 8126122007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. 8126122007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. 8126122007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. 8126122007 Bab I.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
10. 8126122007 Bab V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
11. 8126122007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan menulis huruf anak TK yang diajarkan melalui tepung huruf lebih tinggi daripada anak TK yang diajarkan melalui kartu huruf; (2) Kemampuan menulis huruf anak TK yang memiliki tingkat kreativitas tinggi lebih tinggi daripada anak TK yang memiliki tingkat kreativitas rendah; dan (3) Interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis huruf anak TK.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di TK Dr. Wahidin Sudirohusodo – Medan yang berjumlah 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis huruf dan tes kreativitas. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis huruf peserta didik kelas media pembelajaran tepung huruf dengan kemampuan menulis huruf peserta didik kelas media pembelajaran kartu huruf dengan Fhitung > Ftabel (4,042 > 3,94); (2) terdapat perbedaan kemampuan menulis huruf peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi dengan kemampuan menulis huruf peserta didik yang memiliki kreativitas rendah dengan Fhitung > Ftabel (42,024 > 3,94); dan (3) ada interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis huruf dengan Fhitung > Ftabel (7,172 > 3,94).Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan media pembelajaran tepung huruf dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak TK. Selain itu perlu ditingkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.330 712 Ayo p |
Keywords: | Media pembelajaran; Menulis huruf; Tepung huruf; Kartu huruf; Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 18:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4472 |