Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Learning Cell Untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Percut Sei Tuan

Tambunan, Elisabeth (2021) Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Learning Cell Untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173351016_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173351016_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173351016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 1173351016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (376kB)
[thumbnail of 3. NIM. 1173351016_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173351016_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173351016_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173351016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173351016_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173351016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173351016_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173351016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173351016_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173351016_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173351016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173351016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173351016_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173351016_BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1173351016_BAB II.pdf] Text
10. NIM. 1173351016_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 1173351016_BAB III.pdf] Text
11. NIM. 1173351016_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[thumbnail of 12. NIM. 1173351016_BAB IV.pdf] Text
12. NIM. 1173351016_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1173351016_BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1173351016_BAB V.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1173351016_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1173351016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 15. NIM. 1173351016_LAMPIRAN.pdf] Text
15. NIM. 1173351016_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten teknik learning cell terhadap peningkatan hubungan interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen Desain). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control grup desain. Variabel bebas penelitian yaitu layanan penguasaan konten teknik learning cell, serta variabel terikat yaitu hubungan interpersonal, subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel yang digunakan sebanyak 10 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan angket skala hubungan interpersonal yang diukur dengan empat indikator yaitu communication interpersonal (komunikasi antarpribadi), relation style (gaya atau pola hubungan), relation atmosphere (suasana hubungan), friendly interaction (interaksi yang ramah). Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha’s (α = 0.05). Uji hipotesis digunakan dengan uji Wilcoxon untuk melihat apakah hipotesis dapat diterima atau tidak dan melihat apakah ada pengaruh pemberian layanan penguasaan konten teknik learning cell terhadap peningkatan hubungan interpersonal siswa. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 10,5 dengan α = 0.05 dan n = 10 sehingga nilai Jtabel adalah 8. Dari data tersebut diketahui 10,5 > 8. Data sebelum diberikan layanan diperoleh rata-rata skor 48,2 dan setelah diberikan layanan mendapatkan skor 74,9. Maka berdasarkan hasil uji hipotesis terjadi perubahan peningkatan hubungan interpersonal siswa setelah diberikan layanan sebesar 36%. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan penguasaan konten teknik learning cell lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata sebelum diberikan layanan penguasaan konten teknik learning cell. Berdasarkan data perhitungan dapat dilihat perubahan yang diterima kelompok eksperimen yang artinya hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-BK-086
Keywords: Hubungan Interpersonal; Penguasaan Konten; Learning Cell
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:42
Last Modified: 23 Oct 2025 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44659

Actions (login required)

View Item
View Item