Tambunan, Elisabeth (2021) Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Learning Cell Untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173351016_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173351016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 1173351016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM. 1173351016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1173351016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1173351016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173351016_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173351016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173351016_BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13. NIM. 1173351016_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 1173351016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten teknik learning cell terhadap peningkatan hubungan interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasy Eksperimen Desain). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control grup desain. Variabel bebas penelitian yaitu layanan penguasaan konten teknik learning cell, serta variabel terikat yaitu hubungan interpersonal, subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel yang digunakan sebanyak 10 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan angket skala hubungan interpersonal yang diukur dengan empat indikator yaitu communication interpersonal (komunikasi antarpribadi), relation style (gaya atau pola hubungan), relation atmosphere (suasana hubungan), friendly interaction (interaksi yang ramah). Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha’s (α = 0.05). Uji hipotesis digunakan dengan uji Wilcoxon untuk melihat apakah hipotesis dapat diterima atau tidak dan melihat apakah ada pengaruh pemberian layanan penguasaan konten teknik learning cell terhadap peningkatan hubungan interpersonal siswa. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 10,5 dengan α = 0.05 dan n = 10 sehingga nilai Jtabel adalah 8. Dari data tersebut diketahui 10,5 > 8. Data sebelum diberikan layanan diperoleh rata-rata skor 48,2 dan setelah diberikan layanan mendapatkan skor 74,9. Maka berdasarkan hasil uji hipotesis terjadi perubahan peningkatan hubungan interpersonal siswa setelah diberikan layanan sebesar 36%. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan penguasaan konten teknik learning cell lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata sebelum diberikan layanan penguasaan konten teknik learning cell. Berdasarkan data perhitungan dapat dilihat perubahan yang diterima kelompok eksperimen yang artinya hipotesis diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-BK-086 |
Keywords: | Hubungan Interpersonal; Penguasaan Konten; Learning Cell |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 04:42 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44659 |