Dalimunthe, Lindasyah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI TANJUNG TIRAM. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106122064 Cover.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
2. 8106122064 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
3. 8106122064 Abstrak.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
4. 8106122064 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. 8106122064 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. 8106122064 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. 8106122064 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 8106122064 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8106122064 Bab I.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
10. 8106122064 Bab V.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
11. 8106122064 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini beertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri Tanjung Tiram dengan populasi 288 siswa dari 9 kelas. Teknik penarikan sample yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa dimana 26 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pemeblajaran berbasis masalah dan 26 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-squareInstrumen yang digunakan berdasarkan tes berpikir logis dari Piaget sebanyak 30 butir, semuanya memenuhi kriteria untuk mengukur kemampuan berpikir logis dan angket 14 butir , setelah diuji cobakan 46 butir yang memenuhi kriteria untuk mengukur hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan disain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikan 0,05.Hasil uji hipotesis menunjukkan: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah ( lebih tinggi dari skor rata-rata hasil belajar model kooperatif Tipe Think-pair-square ( dengan (Fhitung = 10,27 > Ftabel = 4,04 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1, 48), (2) siswa yang mempunyai kemampuan berpikir logis tinggi memperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika lebih tinggi dari pada skor rata-rata hasil belajar matematika dengan kemampuan berpikir logis rendah (dengan (Fhitung = 25, 10 > Ftabel = 4,04 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1,48), (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika (Fhitung = 8,85 > Ftabel = 4,04 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 1,48).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Dal p |
Keywords: | Model pembelajaran; Berpikir logis; Pembelajaran kooperatif; Think-pair-share; Model berbasis masalah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 17:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4465 |