Hulu, Mulia (2021) Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan Pada Proses Pembelajaran Daring. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3172131004 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM 3172131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 3172131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 3172131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM 3172131004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 3172131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM 3172131004 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM 3172131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM 3172131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM 3172131004 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM 3172131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan pada proses pembelajaran daring, (2) Kesulitan mahasiswa dalam menggunakan Sipda, google classroom dan google meet pada pembelajaran daring, (3) Upaya mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi pada proses pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswaJurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan angkatan 2019, 2018, dan 2017 yang berjumlah 320 mahasiswa. Sampel penelitian ini diambil denganmenggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen dan kuisioner, kemudian dianalisisdengan teknik analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kesulitan pembelajaran daring yang dialami mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan adalah a) mengerjakan tugas, b) mengirim tugas, c) mengikuti diskusi kelompok d) memahami penjelasan yang diberikan oleh dosen, (2) kesulitan yang dialami mahasiswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring pada a) Sipda, mahasiswa kurang paham dalam menggunakan fitur-fitur yang terdapat didalam Sipda dan terbatasnya waktu pengerjaan tugas mahasiswa yang diakibat dosen terlambat memasukan tugas dalam aplikasi Sipda b) google classroom, mahasiswa kesulitan dalam mengirimkan tugas dan mengikuti ujian semester, c) google meet, jaringan internet yang buruk mengakibatkan mahasiswa sering keluar masuk pada saat pelaksanaan pembelajaran sedang berlangsung, 3) Mahasiswa Pendidikan Geografi sudah berupaya dan mencari solusi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi pada proses pembelajaran daring, sehingga memberikan hasil yang lebih baik yang dibuktikan dengan prestasi belajar mahasiswa yang mengalami peningkatan (86%) dan stabil walaupun pembelajaran dilakukan secara daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-GEO-002 |
Keywords: | Kesulitan Belajar; Google Classroom; Google Meet; Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:16 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44629 |