ATIKAH, UMMU (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN SELF REGULATION DALAM LAYANAN KONSELING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEBANG TAHUN AJARAN 2019 / 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161151041 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 1161151041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. NIM. 1161151041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4. NIM. 1161151041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 1161151041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1161151041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 1161151041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM. 1161151041 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
12. NIM. 1161151041 BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 1161151041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan self regulation yang efektif dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gebang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model
penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gebang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kauntitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket, wawancara,
observasi dan latihan keterampilan Self Regulation. Berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan persentasi rata-rata 80,93% kategori “Valid”, diantaranya persentase rata-rata oleh ahli media 83,75% dengan kategori “Valid”, dan persentase rata-rata ahli materi sebesar 82,5% kategori “Valid”. Dalam keefektifan bahan ajar didapat dari hasil nilai latihan siswa 28 orang yang lulus dengan rata-rata persentase 93,33% dan telah mencapai klasifikasi sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar keterampilan self regulation ini efektif untuk digunakan dalam layanan konseling pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gebang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar, Keterampilan Self Regulation, Layanan Konseling, ADDIE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:42 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44586 |