ANJELIFA, RENA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CREATIVE ART TERHADAP REGULASI DIRI SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA KESUMA BANGSA LONDUT TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.1163351027 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. NIM. 1163351027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
3. NIM.1163351027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM.1163351027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 1163351027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1163351027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 1163351027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1163351027 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM.1163351027 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 1163351027 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM.1163351027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik creative art terhadap regulasi diri siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kesuma Bangsa Londut Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d Agustus 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest - posttest one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2. Sampel ditarik adalah siswa yang memenuhi persyaratan penelitian yang memiliki masalah regulasi diri sebanyak 15 orang yang teridentifikasi memiliki regulasi diri 2 orang kategori tinggi, 3 orang kategori sedang dan 10 orang kategori rendah. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket regulasi diri berjumlah 25 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian hasil data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 36 dengan = 0,05, adapun J tabel = 25. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 36 > 25. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test regulasi diri diperoleh skor rata-rata 54,33, sedangkan data post-test Perilaku Prososial diperoleh skor rata-rata sebesar 76,13. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik creative art lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik creative art. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik creative art memberikan kontribusi sebesar 29,80 % terhadap peningkatan regulasi diri siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kesuma Bangsa Londut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan kelompok, Teknik Creative Art, Regulasi Diri. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:42 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44583 |