MALAU, MEY LORENSA (2020) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP SATU ATAP NEGERI 4 PANGURURAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.1163151030 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2. NIM.1163151030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
3. NIM.1163151030 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM.1163151030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM.1163151030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM.1163151030 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM.1163151030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM.1163151030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM.1163151030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. NIM.1163151030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM.1163151030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII Di SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII Di SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi sebanyak 127 orang siswa dan sampel berjumlah 96 orang siswa yang diambil menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji validitas Pergaulan Teman Sebaya diperoleh hasil dari 31 angket Pergaulan Teman Sebaya (X) terdapat 19 anget yang valid dan 12 angket tidak valid dan untuk angket Motivasi Belajar (Y) terdapat 23 angket yang valid dan 27 angket yang tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas Pergaulan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar diperoleh nilai sebesar (0,803) dan sebesar (0,893) menunjukkan bahwa angket terbukti valid dan reliable. Hasil analisis data menggunakan regresi linear sederhana dapat disimpulkan bahwa nilai kontanta sebesar (a) 20,993 menunjukkan apabila Pergaulan teman sebaya bernilai konstan, maka motivasi belajar konstan sebesar 20,993 persen. Dan pergaulan teman sebaya (b) sebesar 0,768 artinya jika Pergaulan teman sebaya meningkat satu persen, maka motivasi belajar juga akan mengalami peningkatan sebesar 0,768 persen dengan asumsi variabel bebas lainnya tetap. Hasil dari pengujian koefesien determinasi (R2) diperoleh bahwa sumbangan atau kontribusi yang diberikan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan sebesar 0,622 atau 62,2 persen. Sedangkan sisanya 37,8 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung sebesar 9,76 dan ttabel sebesar 1,661 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan atau (dk) = n-2 (96-2=94), sehingga t hitung> ttabel (9,76>1,661). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima yang menyatakn ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:42 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44572 |