Pinem, Wina Putri Valentina Br. (2021) Peran Guru PPKN Dalam Membina Karakter Siswa di SMK Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3173311054 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 3173311054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 3173311054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4. NIM 3173311054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. NIM 3173311054 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
6. NIM 3173311054 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 3173311054 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
8. NIM 3173311054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
9. NIM 3173311054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
13. NIM 3173311054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM 3173311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam Membina karakter siswa di SMK Negeri 11 Medan Tahun Pembelajraan 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 133 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25% dari jumlah populasi. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah Guru PPKn dan siswa kelas X yang ada di SMK Negeri 11 Medan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data dengan metode kuantitatif statistik sederhana. Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 11 Medan mengenai peran Guru PPKn dalam membina karakter siswa kela X maka dapat kesimpulan guru PPKn berperan baik dalam membina karakter siswa kelas X di SMK Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang juga dilihat dari persentase yang tergolong baik yaitu religius (87,12%), toleransi (83,3%), kerja keras (77,03%), mandiri (75,76%), demokratis (78,03%), rasa ingin tahu (76,52%) dan persentase yang tergolong cukup baik kejujuran (65,53%), disiplin (61,36), kreatif (71,59%). Dalam hal ini juga dapat disimpulkan bahwa kesembilan karakter ini terdapat karakter yang rendah, meskipun masih terdapat siswa yang masih kurang kejujuran dan disiplin tetapi guru selalu mengarahkan dan membimbing siswa agar dapat menumbuhkan jiwa karakter yang lebih baik lagi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PKN-087 |
Keywords: | Peran Guru PPKN; Membina Karakter Siswa; Menumbuhkan Jiwa Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 03:05 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44554 |