Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan

Munthe, Latifa Hanum (2021) Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3173311026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3173311026 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3173311026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3173311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3173311026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3173311026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3173311026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3173311026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3173311026 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3173311026 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3173311026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3173311026 TABLES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3173311026 CHARTS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3173311026 CHARTS.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3173311026 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3173311026 APENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 3173311026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 3173311026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3173311026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3173311026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 3173311026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 3173311026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Membentuk Karakter Siswa SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan, yang berlokasi di jalan Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner/angket dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 253 siswa. Sampel yang akan diambil dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa yaitu 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Koasi Eksperimen Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model Contextual Teaching Learning dalam membentuk karakter toleransi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Model Contextual Teaching Learning mempengaruhi karakter toleransi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan sebesar 39,94%. Nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel (rhitung>rtabel) atau 0.6324 > 0,3202 dimana rtabel pada n=38 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,3202. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=4,9246 dengan harga ttabel=2.0301 karena thitung lebih besar dari pada ttabel (4,9246>2.0301) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk)= n-2=(38-2=36) sehingga, hipotesis alternatife yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan pada model Contextual Teaching Learning dalam membentuk karakter toleransi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-PKN-086
Keywords: Model Contextual Teaching Learning; Karakter Toleransi; Karakter Siswa; Mata Pelajaran PPKN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:16
Last Modified: 14 Jan 2022 02:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44539

Actions (login required)

View Item
View Item