Manalu, Dastri E. (2021) Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Terhadap Peserta BPJS Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3172111002 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 3172111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM 3172111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM 3172111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM 3172111002 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 3172111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 3172111002 PICTURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 3172111002 DIAGHRAM.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 3172111002 TERMS.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10. NIM 3172111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
11. NIM 3172111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
15. NIM 3172111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
16. NIM 3172111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemenuhan hak pelayanan kesehatan terhadap peserta BPJS kesehatan di masa pandemi covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang tepatnya di Jalan Rumah Sakit No 19 Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Kemudian teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian adalah staff pegawai Rumah Sakit serta 3 orang peserta BPJS kesehatan. Maka hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu dalam hal pemenuhan hak pelayanan di RSUD Sidikalang belum sepenuhnya berjalan optimal, karena masih banyak peserta BPJS yang masih mengeluh terkait dengan pelayanan yang diberikan baik dari segi fasilitas, sarana dan prasarana. Upaya yang dilakukan pihak RSUD Sidikalang dalam melakukan pemenuhan dalam pelayanan adalah melakukan peningkatan kualitas pelayanan RSUD Sidikalang serta melakukan perbaikan dari segi pelayanan maupun dari segi sarana dan prasarana sesuai dengan Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PKN-089 |
Keywords: | Pelayanan Kesehatan; Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan; Hak Pelayanan Kesehatan |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG8011 Insurance > HG9371 Health insurance R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA643 Disease (Communicable and noninfectious) and public health |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 02:05 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 02:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44535 |