PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA PENGGEMAR K-POP DI KELAS VIII SMP NEGERI 39 MEDAN

PUSPITASARI, DHYLLA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA PENGGEMAR K-POP DI KELAS VIII SMP NEGERI 39 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.1163351008_COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM.1163351008_COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.1163351008_LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM.1163351008_LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.1163351008_ABSTRAK.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM.1163351008_ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.1163351008_KATA PENGANTAR.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM.1163351008_KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.1163351008_DAFTAR ISI.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM.1163351008_DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.1163351008_DAFTAR TABEL.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM.1163351008_DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.1163351008_DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM.1163351008_DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.1163351008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM.1163351008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.1163351008_BAB I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM.1163351008_BAB I.pdf.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.1163351008_BAB V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM.1163351008_BAB V.pdf.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.1163351008_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM.1163351008_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok pada siswa penggemar k-pop kelas VIII di SMP Negeri 39 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Resiliensi Akademik Pada Siswa Penggemar K-Pop Di Kelas VIII SMP Negeri 39 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan jenis pretest-posttest one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa penggemar k-pop kelas VIII dengan 3 orang yang memiliki skor resiliensi akademik rendah dan 3 orang yang memiliki skor resiliensi akademik sedang. Instrumen yang digunakan adalah Resilience Question Test (RQT). Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa penggemar k-pop. Maka dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) diperoleh niai rata-rata = 98,5 sedangkan skor post-test diperoleh nilai rata-rata = 136,67. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 dengan α = 0,05 dan n = 6 maka Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 6 > 0. Artinya hipotesis diterima. Hal ini berarti, ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap resiliensi akademik pada siswa penggemar k-pop kelas VIII SMP Negeri 39 Medan. Layanan bimbingan kelompok memberikan pengaruh sebesar 38% terhadap peningkatan resiliensi akademik pada penggemar k-pop kelas VIII SMP Negeri 39 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Resiliensi Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:13
Last Modified: 14 Jan 2022 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44526

Actions (login required)

View Item
View Item