PUSPITASARI, DHYLLA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA PENGGEMAR K-POP DI KELAS VIII SMP NEGERI 39 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.1163351008_COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM.1163351008_LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM.1163351008_ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM.1163351008_KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM.1163351008_DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM.1163351008_DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
7. NIM.1163351008_DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM.1163351008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM.1163351008_BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
13. NIM.1163351008_BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
14. NIM.1163351008_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok pada siswa penggemar k-pop kelas VIII di SMP Negeri 39 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Resiliensi Akademik Pada Siswa Penggemar K-Pop Di Kelas VIII SMP Negeri 39 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan jenis pretest-posttest one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa penggemar k-pop kelas VIII dengan 3 orang yang memiliki skor resiliensi akademik rendah dan 3 orang yang memiliki skor resiliensi akademik sedang. Instrumen yang digunakan adalah Resilience Question Test (RQT). Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa penggemar k-pop. Maka dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) diperoleh niai rata-rata = 98,5 sedangkan skor post-test diperoleh nilai rata-rata = 136,67. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 dengan α = 0,05 dan n = 6 maka Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 6 > 0. Artinya hipotesis diterima. Hal ini berarti, ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap resiliensi akademik pada siswa penggemar k-pop kelas VIII SMP Negeri 39 Medan. Layanan bimbingan kelompok memberikan pengaruh sebesar 38% terhadap peningkatan resiliensi akademik pada penggemar k-pop kelas VIII SMP Negeri 39 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Resiliensi Akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:13 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44526 |