SARI, ARDILA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM LAYANAN KONSELING PADA SISWA KELAS XI DI MAS MU’ALLIMIN UNIVA MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163351003 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. NIM. 1163351003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3. NIM. 1163351003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
4. NIM. 1163351003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
5. NIM. 1163351003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 1163351003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM. 1163351003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 1163351003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 1163351003 BAB I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
13. NIM. 1163351003 BAB V.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
14. NIM. 1163351003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan memecahkan masalah yang efektif dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas XI di MAS Mu’allimin Univa Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juli 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS Mu’allimin Univa Medan tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 35 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kauntitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket, wawancara, observasi dan latihan keterampilan memecahkan masalah. Berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan persentasi rata-rata 85,03% kategori “sangat valid”, dimana persentase rata-rata oleh ahli media 85,71% dengan kategori “Sangat valid”, dan persentase rata-rata ahli materi sebesar 78,75% kategori “sangat valid”. Dalam keefektifan bahan ajar didapat dari hasil nilai latihan siswa dengan rata-rata persentase 77,4% dan telah mencapai klasifikasi baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar keterampilan memecahkan masalah ini efektif untuk digunakan dalam layanan konseling pada siswa kelas XI di MAS Mu’allimin Univa Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Ajar, Keterampilan Memecahkan Masalah, Layanan Konseling. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:48 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44517 |