PASARIBU, LESMARIA (2020) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP STEREOTIP NEGATIF ANTAR SUKU SISWA KELAS X DI SMA SWASTA MASEHI BERASTAGI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.1163151027 Cover.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
2. NIM.1163151027 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
3.NIM.1163151027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4.NIM.1163151027 Preface.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5.NIM.1163151027 Table Of Contents.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6.NIM.1163151027 List Of Table.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7.NIM.1163151027 List Of Attachment.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
8.NIM.1163151027 Chapter I.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
12.NIM.1163151027Chapter V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13.NIM.1163151027 Bibliography.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap stereotip negatif antarsuku siswa kelas X SMA Swasta Masehi Berastagi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap stereotip negatif antarsuku siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang yaitu siswa kelas X SMA Swasta Masehi Berastagi Tahun Ajaran 2019/2020 yang memiliki stereotip negatif antarsuku yang tinggi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre test dan post test one group Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket skala Likert. Data penelitian dikumpulkan dengan dengan menggunakan angket stereotip negatif antarsuku sebanyak 32 butir soal (valid) yang terlebih dahulu diuji cobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy . Analisis data yang digunakan adalah analisis data analisis data deskriptif persentase dengan uji hipotesis Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy pada siswa. Diperoleh nilai rata-rata pre-test = 98 dan Standart Deviasi (SD) = 15,45 sedangkan nilai rata-rata post-test = 62 dan Standar Deviasi (SD) = 8.14
Dengan demikian pemberian layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy memiliki pengaruh terhadap stereotip negatif antarsuku sisiwa. Dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda negatif = 36 yaitu jumlah jenjang yang lebih besar dari tabel nilai kritis J untuk jenjang bertanda wilcoxon, dimana n=8, α = 0,05 maka diperoleh Jtabel = 4. Berdasarkan hasil uji wilcoxon diperoleh hasil bahwa Jhitung > Jtabel dimana 36>4.
Hal ini berarti ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap stereotip negatif antarsuku pada siswa kelas X di SMA Swasta Masehi Berastagi Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok, Cognitive Behavioral Therapy Stereotip Negatif Antarsuku |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:48 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44509 |