AUDINI, SRI MEGA (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DI KELAS V SDN 067256 MEDAN MARELAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173311130_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311130_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 1173311130_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 1173311130_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM. 1173311130_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1173311130_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173311130_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1173311130_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1173311130_BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13. NIM. 1173311130_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 1173311130_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan Bahan Ajar IPA Materi Perpindahan Kalor Berbasis Multimedia Interaktif Di Kelas V SDN 067256 Medan Marelan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reasearch and Devloment) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu : 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaa, 3) pengembangan draft atau produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) penyempurnaan produk akhir, 10)
diseminasi dan implementasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli media mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (96,6%), hasil penilaian ahli materi mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (94,6%), hasil penilaian guru mendapatkan kriteria “Layak” dengan
presentase (80%) dan uji pelaksanaan lapangan dengan 15 siswa kelas V SDN 067256 Medan Marelan “Sangt Layak” dengan presentase (92,93%). Tahap hasil keefektifan bahan ajar ini dilakukan dengan cara tes berupa pretest dan posttest
yang dapat mengukur keefektifan bahan ajar sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar. Hasil dari pretest dengan kriteria “Kurang Efektif” dengan presentase 33,3 % dan nilai posttest dengan kriteria “Sangat Efektif” dengan presentase
100% .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar IPA, Perpindahan Kalor, Multimedia Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 01:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 01:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44504 |