BUTAR BUTAR, INTAN NATALIA (2021) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN GUGUS VII KEC.PANGURURAN KAB.SAMOSIR T.A.2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173111044_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111044_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 1173111044_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1173111044_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 1173111044_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1173111044_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1173111044_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1173111044_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 11731114044_BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 11731114044_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 11731114044_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana gaya mengajar guru kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021, 2) bagaimana motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021, 3) apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gaya mengajar guru kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab.
Samosir T.A 2020/2021, 3) untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021.
Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir sebanyak 69 orang. Pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya mengajar guru di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021 berada dalam kategori sedang dimana rata-rata nilainya yaitu 103,17 sedangkan motivasi belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan rata-rata nilainya 95,69. Gaya mengajar guru sangat memengaruhi motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika. Terlihat dari hasil perhitungan rhitung adalah 0,539 sedangkan rtabel = 0,236 maka rhitung > rtabel. Sedangkan nilai dari thitung = 5,23. Nilai ttabel = 1,99. Dengan membandingkan kedua harga tersebut diperoleh thitung > ttabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan yang signifikan
antara Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Gugus VII Kec. Pangururan Kab. Samosir T.A 2020/2021 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44482 |