Rismiati, Thya Dwiana (2021) PENGARUH STRATEGI REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PROTISTA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMAS MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172141034 COVER.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
2. NIM. 4172141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4172141034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
4. NIM. 4172141034 FREFACE.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
5. NIM. 4172141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
6. NIM. 4172141034 TABLES.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7. NIM. 4172141034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
8. NIM. 4172141034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
9. NIM. 4172141034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4172141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. NIM. 4172141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (902kB) | Preview
Abstract
Pemberian reward sebagai strategi dapat menarik perhatian siswa dan juga dapat menumbuhkan ataupun mendorong semangat belajar siswa serta pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat dipahami oleh siswa, sehingga siswa menguasi materi dan tujuan pembelajaran dengan baik, selain itu siswa juga lebih berperan aktif karena telah termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian strategi reward terhadap hasil belajar biologi materi protista pada pembelajaran daring dan dilaksanakan pada bulan November-Januari 2021 di SMAS Muhammadiyah 02 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 74 siswa. Kelas yang diberikan reward yaitu X IPA 2 dan kelas yang tidak diberikan reward yaitu X IPA 1. Reward yang diberikan dalam bentuk verbal yang diberikan saat proses pembelajaran berlangsung dan dalam bentuk hadiah yang diberikan pada akhir pertemuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain instrumen Post-test Only Control Group. Penelitian ini menunjukkan pada kelas yang diberikan strategi reward, proses pembelajaran daring melalui google classroom berlangsung dengan baik dan komunikatif serta nilai kognitif tertinggi diperoleh oleh siswa yang diberikan strategi reward. Berdasarkan hasil penelitian dan uji statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi reward terhadap hasil belajar siswa biologi materi protista pada pembelajaran daring di SMAS Muhammadiyah 02 Medan T.P. 2020/2021
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi reward, hasil belajar biologi, protista, pembelajaran daring. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 08:27 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44445 |