SIREGAR, WIDYA ARDILA (2021) PERAN IBU DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN TANGKAHAN DURIAN KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3172122007 COVER.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
2. NIM. 3172122007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (964kB) | Preview
3. NIM. 3172122007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM. 3172122007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (970kB) | Preview
5. NIM. 3172122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (898kB) | Preview
6. NIM. 3172122007 TABLES.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
7. NIM. 3172122007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
8. NIM. 3172122007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM. 3172122007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
13. NIM. 3172122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peran ibu dalam mendampingi anak belajar online pada masa pandemi covid-19 di Kelurahan Tangkahan Durian Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Penelitian dilakukan di Kelurahan Tangkahan Durian Kabupaten Langkat. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan lima informan. Hasil penelitian ini berdasarkan temuan yang dideskripsikan bahwa ibu berperan dalam mendampingi anak belajar online
dimasa pandemi covid-19 ini. Ibu memiliki peran yang paling utama terhadap keberlangsungan proses pembelajaran anak, membantu anak memahami materi yang diberikan oleh guru dan mendampingi anak dalam mengerjakan latihanlatihan soal yang sudah diberikan. Peran ibu menjadi sangat ekstra dimana ibu
harus bisa membagi waktunya dengan keluaraga, anak dan pekerjaan yang dilakukan diluar rumah. Dari kelima informan tersebut relatif ibu berperan aktif dalam mendampingi anak belajar online. Penulis menemukan bahwa satu informan memerlukan bantuan dari guru les untuk mendampingi proses
pembelajaran anak karena ia tidak dapat meninggalkan pekerjaannya dan hanya mendampingi anaknya belajar pada malam hari saja. Strategi yang dilakukan dari kelima informan tersebut relatif sama yaitu dengan menjanjikan sebuah hadiah atau uang jajan tambahan jika anak menyelesaikan tugas sekolah dan satu informan memiliki strategi pembelajaran yang berbeda yaitu dengan membuat
media pembelajaran yang menarik seperti media poster atau gambar. Sehingga anak dapat cepat memahami dan mengingat materi pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-ANTRO-060 |
Keywords: | peran ibu, covid-19, pembelajaran online, strategi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:44 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44432 |