Utami, Rizky Seni (2021) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DENGAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153341043 COVER.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
2. NIM 4153341043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4153341043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (954kB) | Preview
4. NIM 4153341043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 4153341043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 4153341043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
7. NIM. 4153341043 TABLES.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
8. NIM. 4153341043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
9. NIM. 4153341043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13 NIM. 4153341043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
14. NIMM 4153341043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui hasil belajar model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dikelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. (2) mengetahui hubungan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD dengan kemampuan memecahkan masalah belajar siswa dikelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Jumlah sampel penelitian ini adalah 70 orang terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA 3 dan XI MIA 4. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang digunakan untuk pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan soal memecahkan masalah sebanyak 2 soal untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah siswa. Dari hasil penelitian didapat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 68,28, sedangkan di kelas kontrol sebesar 66,14. Pada hasil pengamatan sikap di kelas eksperimen, didapat bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa di tiap pertemuan. Dari hasil belajar kedua kelas tersebut, maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung< ttabel (0,6020 < 1,996), yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Serta nilai rata-rata kemampuan memecahkan untuk kelas eksperimen sebesar 88,8 , sedangkan kelas kontrol sebesar 86,6 dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung ttabel(3,7703,9967). Dan nilai korelasi yang didapatkan dari penggunaan LKPD dan penilaian hasil belajar siswa 0,4513 yang artinya hubungan korelasinya dalam ketegori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Memecahkan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:50 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44421 |