Simanjuntak, Eric Christian (2021) Analisis Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di SMA HKBP Sibolga. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143121017 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 3143121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 3143121017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM. 3143121017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 3143121017 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
6. NIM. 3143121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
10. NIM. 3143121017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
11. NIM. 3143121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran sejarah dalam kelas yang dilakukan secara daring, mengetahui proses pembelajaran sejarah dalam kelas yang dilakukan secara daring dan untuk mengetahui kendala yang terjadi pada proses pembelajaran sejarah dalam kelas yang dilakukan secara daring. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dan sumber data terdiri dari informan/narasumber, proses pembelajaran, dokumen serta fasilitas lainya yang mendukung penelitian. Data akan diolah melalui observasi, wawancara, dan analis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilaksanakan melalui tiga komponen yakni : reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan perecanaan pembelajaran sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar karena hal tersebut akan memudahkan guru untuk memulai pembelajaran dengan sangat terstruktur dan tidak akan ada kesalahan dalam penyampaian materi. Sekolah mendukung penuh pembelajaran secara daring, ditinjau dari sarana dan prasarana berupa lab komputer dan jaringan wifi. Media berbasis online yang digunakan sekolah berupa Zoom, Google Classroom dan WhatsApp Group. Zoom digunakan guru untuk menyampaikan materi secara langsung, Google Classroom digunakan untuk mengirim materi dan tugas sedangkan WhatsApp grup digunakan untuk memberikan infornasi terkait sekolah. Kelebihannya adalah siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran dimana saja dan kapan saja serta siswa dan guru dapat mengakses bahan ajar lebih mudah dikarenan menggunakan internet. Untuk kekurangannya berupa kendala jaringan internet di beberapa daerah yang belum memadai seperti yang kita ketahui dalam menggunakan aplikasi zoom harus membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat serta dukungan smartphone yang memadai untuk menjalankan program aplikasi yang digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-SJRH-077 |
Keywords: | Pembelajaran Daring; Covid-19; Pandemi; Zoom; Google Classroom; WhatsApp Group |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:20 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44411 |