Sihite, Johannes SM (2021) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI VIRUS SEBAGAI BAHAN AJAR PADA KELAS X MIA SMA SWASTA ST. LUSIA SEI ROTAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172141024 COVER.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
2. NIM 4172141024 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4172141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
4. NIM 4172141024 PREFASE.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
5. NIM 4172141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
6. NIM 4172141024 TABLE.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
7. NIM 4172141024 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
8. NIM 4172141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
9. NIM 4172141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4172141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
14. NIM 4172141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Video pembelajaran biologi sabagai bahan ajar di kelas X MIA pada materi Virus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi dan siswa kelas X MIA SMA Swasta St.Lusia Sei Rotan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar penilaian validasi ahli, penilaian guru dan respon siswa. Perancangan Video Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional 4D (Four-D) yaitu melalui tahap Define, Design, Development, dan Dissismate karena pada model ini setiap tahap dilakukan revisi hingga didapatkan produk Video Pembelajaran yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi diperoleh persentase 95,2% (sangat layak), penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase 92,3% (sangat layak), penilaian ahli desain diperoleh persentase 75,2% (layak). Penilaian Guru bidang studi diperoleh persentase 92,5% (sangat setuju), sedangkan hasil tanggapan/respon dari Siswa diperoleh persentase 92% (sangat setuju) pada uji coba kelompok kecil dan persentase 80% (setuju) pada uji coba lapangan terbataas. Hasil dari penggunaan Video Pembelajaran diperoleh skor rata- rata 76%. Video pembelajaran biologi pada materi Virus yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian ”Sangat layak” dan telah memenuhi persyaratan untuk digunakan dalam proses pembelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perancangan dan Pengembangan,Bahan ajar,Video Pembelajaran , Model 4D (Four-D). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44406 |