Rahman, Lusyana (2021) Pengembangan E-Modul Inovatif Berbasis KKNI Untuk Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Materi Karbon Dan Silikon. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196141004 COVER.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
2. 8196141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
3. 8196141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
4. 8196141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
5. 8196141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
6. 8196141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
7. 8196141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
8. 8196141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
9. 8196141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
13. 8196141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
14. 8196141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran yang baik dapat terwujud apabila didukung oleh sumber belajar dan media pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis KKNI yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa serta untuk mengetahui hubungan motivasi dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadape-modul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan PSKM B 2019, dengan menggunakan teknik analisis data berupa tes hasil belajar dan angket, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa E-modul inovatif berbasis KKNI hasil pengembangan telah valid (layak) digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata-rata keseluruhan sebesar 3.61. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan e-modul inovatif berbasis KKNI telah mencapai kriteria N-gain tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,72 dan e-modul dapat memotivasi mahasiswa dengan perolehan nilai rata-rata motivasi sebesar 85.1%. Hubungan motivasi dan peningkatan hasil belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,516 dan nilai signifikansi sebesar 0,008 serta respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi jawaban mahasiswa sebesar 85,3%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.072 Rah p |
Keywords: | E-Modul; KKNI; Research and Development (R&D); Motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 03:51 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44352 |