Tampubolon, Bintang Rumondang Br (2021) Peran Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa SMPN 3 Percut Sei Tuan Pada Pembelajaran Daring. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.3173111005. COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 3173111005.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
3. NIM. 3173111005. PREFACE.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4. NIM. 3173111005. ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM. 3173111005. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM. 3173111005. TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 3173111005. BAGAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 3173111005 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 3173111005. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM. 3173111005. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM.3173111005. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam Mengembangkan karakter disiplin siswa SMPN 3 Percut Sei Tuan Pada Pembelajaran Daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data yang didapat melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini tiga (3) guru PPKn, 1 siswa kelas VII, 1 siswa kelas VIII, dan 1 siswa kelas IX yang ada di SMP N 3 Percut Sei Tuan. Peran yang dilakukan oleh guru PPKn di sekolah SMPN 3 Percut Sei Tuan dalam mengembangkan karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring sebagai pengajar, pembimbing, ilmuwan, pribadi, penghubung dan pembangunan adalah membuat grup whatsapp atau google classroom sebagai ruang untuk siswa dan guru dalam menyampaikan materi dan informasi, hadir tepat waktu dalam mengisi daftar kehadiran di grup whatsapp ataupun google classroom, kemudian guru PPKn memberikan arahan dan motivasi serta mengingatkan peserta didik untuk selalu berdoa dan beribadah sesuai kepercayaannya dan mengerjakan tugasnya tepat waktu, membuat batas pengumpulan tugas-tugas yang diberikan, serta selalu menjalin kerjasama kepada orangtua atau wali siswa dan guru BK. Strategi yang dilakukan guru PPKn dalam mengembangkan karakter disiplin siswa di SMPN 3 Percut Sei Tuan dengan cara pukul 07.30 WIB siswa harus sudah mengisi daftar hadir di grup whatsapp, mengirim video pembelajaran dari youtube atau di buat sendiri sehingga peserta didik semangat dalam belajar dan selalu disetiap pembelajaran guru PPKn memberikan tugas dan menentukan waktu untuk dikumpul dan menutup kegiatan proses belajar mengajar dengan memberikan kesimpulan pembelajaran dan siswa mengisi ulang daftar hadir, dengan begitu siswa di latih untuk mengembangkan karakter disiplinnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PKN-039 |
Keywords: | Peran Guru; Karakter Disiplin; Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 02:57 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44293 |