Ginting, Elsas Karuniawan (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Teori Pembentukan Planet Bumi Di SMAN 1 Delitua T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173131010 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 3173131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 3173131010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 3173131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 3173131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 3173131010 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 3173131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 3173131010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3173131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
14. NIM. 3173131010 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
15. NIM. 3173131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Adobe Flash pada materi teori pembentukan planet bumi di SMAN 1 Delitua T.A 2020/2021, kedua untuk mengetahui kelayakan media yang didapat dari penilaian ahli materi, dan ahli media, guru dan siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Delitua dengan jumlah 36 siswa. Media pembelajaran didistribusikan melalui internet yaitu google classroom. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan multimedia interaktif dilakukan melalui sepuluh langkah penelitian, dimulai mencari potensi dan masalah, mengumpulkan data seperti RPP, silabus dan sebagainya, membuat desain, validasi oleh ahli media, materi dan revisi media pembelajaran, melakukan uji coba produk oleh guru dan siswa, kemudian melakukan revisi, tahap terakhir yaitu penyempurnaan media pembelajaran. Validasi media pembelajaran secara keseluruhan pada tahap 1 memperoleh nilai kelayakan sebesar 91% dengan kategori sangat layak dan perlu dilakukan revisi tahap 2 untuk menyempurnakan media, sehingga memperoleh nilai kelayakan 95,6 % (sangat layak) tanpa revisi. Dengan demikian dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran pada materi teori pembentukan planet bumi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-GEO-057 |
Keywords: | Research and Development; Adobe Flash; Multimedia Interaktif |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70 Philosophy. Relation to other topics. Methodology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:25 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44250 |