Sihombing, Dita Arta Mariana (2021) Kajian Tentang Fenomena Keluarga Miskin Dalam Menghadapi Pembelajaran Online Di Desa Hutarakyat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173122012 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3173122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NIM. 3173122012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 3173122012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 3173122012 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 3173122012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
10. NIM. 3173122012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
11. NIM. 3173122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui fenomena yang terjadi kepada keluarga miskin dalam menghadapi pembelajaran online saat ini. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh orangtua dalam mendukung proses pembelajaran online pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun teori yang digunakan dalam hal ini yakni teori fenomenologi dan teori kemiskinan yang menjelaskan bahwa beragam fenomena yang dialami oleh keluarga miskin dalam menghadapi pembelajaran online. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam menghadapi pembelajaran online, Banyak fenomena yang dialami oleh keluarga miskin, baik itu siswa maupun orangtua. Keterbatasan aspek ekonomi menjadi hal yang paling dominant mempengaruhi pembelajaran online pada siswa, karena keadaan ekonomi semakin merosot ditengah pandemi yang melanda. Banyak orangtua kehilangan mata pencaharian dan mengalami penurunan pendapatan secara drastis yang berdampak bagi anak mereka yang mengikuti pembelajaran online. Selain keterbatasan dalam ekonomi, terbatas juga dalam hal tenaga dan waktu. Orangtua harus mengorbankan separuh waktu dan tenaga nya dalam membimbing dan mendukung anak dalam proses pembelajaran online. Selama menghadapi pembelajaran online, orangtua harus memiliki peran ganda yakni sebagai guru bagi anaknya, Namun kemiskinan tidak jauh dari keterbatasan pendidikan, sehingga peran orangtua sebagai guru tidak dapat terlaksana dengan baik ditengah keluarga miskin. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberi kesadaran bagi pemerintahan khususnya aparat desa, Agar dapat melihat dan memberikan dukungan dalam hal materi khususnya bagi anak anak yang mengikuti pembelajaran online dan berasal dari keluarga miskin, Dengan bertanggung jawab dalam menyalurkan bantuan yang disediakan bagi mereka yang tidak mampu dengan tepat sasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-ANTRO-033 |
Keywords: | Keluarga Miskin; Pembelajaran Online; Keterbatasan Pendidikan; Penurunan Pendapatan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451 Intellectual life |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 04:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44215 |