MAYARI, SHANIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SDN 101777 SAENTIS T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311094_COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 1163311094_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
3. NIM. 1163311094_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 1163311094_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
5. NIM. 1163311094_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
6. NIM. 1163311094_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1163311094_DAFTAR GAMBAR DAN GRAFIK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 1163311094_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 1163311094_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1163311094_BAB V.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
14. NIM. 1163311094_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di Kelas V SDN 101777 Saentis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimental Design dengan jenis one group pretestposttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa, 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan tes essai dan observasi. Berdasarkan hasil observasi siswa terdapat 4 siswa atau 13,79% pada kriteria cukup, 20 siswa atau 68,96 % pada kriteria baik, dan 5 siswa atau 17,24 % pada kriteria sangat baik. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Teknik analis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai rata-rata pretest 44,31 dimana terdapat sebanyak 0 siswa (0%) menunjukkan kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, 0 siswa (0%) kemampuan berpikir kritis tinggi, 0 siswa (0%) kemampuan berpikir kritis sedang, 26 siswa (89,65%) kemampuan berpikir rendah, dan 3 siswa (10,35%) kemampuan berpikir sangat rendah. Nilai rata-rata post test 84,82 dimana terdapat sebanyak 21 siswa (72,42%) menunjukkan kemampuan berpikir
kritis sangat tinggi, 7 siswa (24,13%) kemampuan berpikir kritis tinggi, 1 siswa (3,45%) kemampuan berpikir kritis sedang, 0 siswa (0%) kemampuan berpikir rendah, dan 0 siswa (0 %) kemampuan berpikir sangat rendah. Berdasarkan hasil
uji normalitas hasil pretest Lo ˂ Ltabel dimana 0,158 ˂ 0,163 dengan keterangan normal, sedangkan pada hasil posttest Lo ˂ Ltabel dimana 0,136 ˂ 0,163 dengan keterangan normal. Maka uji normalitas dari hasil pretest dan posttest dengan keterangan normal. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapatkan thitung ˃ ttabel dimana besar thitung = 29,14 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,70. Dari hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di Kelas V SDN 101777 Saentis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ), kemampuan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44214 |